Bergabung Dengan Kelompok 12 Langkah

Program 12 Langkah lahir dari pergumulan dua orang pecandu alkohol yang ingin lepas dari kecanduan mereka. Bill W dan Dr. Bob mendapati bahwa dengan menggumuli kecanduan alkohol yang mereka alami secara bersama, mereka mendapati kekuatan dalam mengatasinya. Mereka memulai organisasi Alcoholic Anonymous (AA) pada tahun 1935 di Ohio, USA. Ciri khas mereka adalah menerapkan 12 belas langkah yang mereka dapati merupakan tahapan-tahapan efektif dalam menjalani pemulihan dari kecanduan alkohol. Dalam beberapa bulan, sebuah kelompok kecil para pecandu alkohol yang telah berhenti minum telah mengadakan pertemuan secara teratur.1 Jumlah mereka terus bertumbuh, sampai pada data tahun 2007, jumlah anggota organisasi ini telah mencapai sekitar 2 juta orang di seluruh dunia.2

Dalam AA Indonesia website dijelaskan bahwa:3
Alcoholics Anonymous® adalah perkumpulan pria dan wanita yang berbagi pengalaman, kekuatan dan harapan [antara satu dengan yang lain] sehingga mereka dapat menyelesaikan masalah yang sama yang mereka hadapi dan membantu yang lain untuk pulih dari alkoholisme.
• Satu-satunya persyaratan untuk keanggotaan adalah keinginan untuk berhenti minum. Tidak ada iuran untuk keanggotaan AA; kami sepenuhnya memenuhi kebutuhan kami melalui kontribusi sendiri.
• AA tidak beraliansi dengan sekte, denominasi, politik, organisasi dan institusi manapun; tidak berminat untuk terlibat dalam kontroversi, baik mendukung atau menentang aktivitas apapun.
• Tujuan utama kami adalah untuk tetap tenang (tidak mabuk) dan membantu alkoholik lain untuk mencapai sobriety (keadaan tak mabuk).


Sekalipun pada awalnya AA sangat dekat berhubungan dengan sifat kerohanian Kristen, dalam perkembangannya, AA menekankan netralitasnya terhadap agama, politik, organisasi, dsb.

Kelompok-kelompok AA Kristen tetap memakai tradisi Kekristenan untuk menolong mereka yang kecanduan Alkohol. Hal mana juga dianjurkan di dalam blog ini. (Kelompok lainnya yang berhubungan dengan iman Kristen adalah Celebrate Recovery. Untuk kelompok ini akan ada diskusi tersendiri.)

Metode 12 langkah yang diterapkan untuk mengatasi kecanduan alkohol kemudian diadopsi untuk mengatasi berbagai bentuk kecanduan lainnya, seperti kecanduan obat-obat terlarang/narkotik, kecanduan seks/pornografi, dsb.

Bagi mereka yang sudah sempat mengetahui tentang Program 12 Langkah Alcoholic Anonimous, barangkali bertanya-tanya bagaimana bergabung dengan Kelompok 12 Langkah.

Kelompok 12 Langkah sudah ada di Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Solo, Manado, Bandung, dan Medan.4 (Lih. Website AA Indonesia).

Untuk kelompok Sex Addicts Anonymous (untuk pemulihan dari kecanduan seks dan ketergantungan) telah ada di Jakarta.

Meeting Contacts:
http://saa-recovery.org/Meetings/OtherCountries/
Gilles L. - phone:+62 813 8481 1255 email: jakarta.saa@gmail.com

Untuk lebih lengkap tempat-tempat pertemuan Kelompok 12 Langkah dapat di lihat di:
http://www.angelfire.com/id/indostep/indomeet.html

http://www.angelfire.com/id/indostep/

Semua pertemuan Kelompok 12 Langkah tidak dipungut biaya. Carilah informasi tentang pertemuan yang ingin Anda kunjungi. "Close" meeting berarti khusus untuk mereka yang ingin berhenti dari masalah kecanduan. "Open" meeting berarti terbuka untuk mereka yang ingin mencari tahu tentang Kelompok 12 Langkah.

Apabila Anda tidak bisa menjangkau tempat-tempat pertemuan tersebut, atau kelompok-kelompok tersebut tidak sesuai dengan pergumulan yang sedang Anda hadapi. Berupayalah untuk memulai sebuah kelompok dengan cara berkonsultasi dengan mereka yang telah berpengalaman, atau yang sedang menjalankan program sejenis (alamat dapat dilihat pada kontak person tempat-tempat pertemuan).

Petunjuk sederhana tentang bagaimana memulai kelompok seperti ini dapat dilihat di:
http://pemulihangambardiri.blogspot.com/2010/02/bagaimana-membentuk-kelompok-tumbuh.html


End notes:
1 The A.A. Grapevine, Inc. Members of the Clergy as about Alcoholics Anonymous, (1992), 10-11.
2 Alcoholics Anonymous Official Web site of General Service Office. Data per January 1, 2007
3 http://www.aa-indonesia.org/

2 comments:

Anonymous said...

Tuhan memberkati!

Jo said...

Halo... apakah kelompok ini masih ada?

Material di blog ini dapat digunakan dan dibagikan tanpa izin dari blog author sepanjang penggunaannya adalah untuk pelayanan dan tidak mengenakan pungutan biaya apapun.

Popular Posts

Doa Ketentraman Jiwa

Ya Tuhan, karuniakanlah kepadaku
ketentraman jiwa untuk menerima
hal-hal yang tidak dapat aku ubah;
keberanian untuk mengubah
hal-hal yang dapat aku ubah;
dan hikmat untuk membedakan keduanya.
Hidup sehari demi sehari.
Menikmati satu waktu di setiap saat.
Melihat sengsara sebagai jalan pada kedamaian;
sama seperti Dia,
menerima dunia yang berdosa ini
dengan apa adanya, dan percaya
bahwa Ia akan membuat
segala sesuatunya indah
jika aku berserah pada kehendakNya;
supaya aku dapat sedikit berbahagia

dalam hidup ini
dan berlimpah bahagia
ketika aku bersamaNya selama-lamanya.
Amin.