Celebrate Recovery (Rayakan Pemulihan)

Suatu penemuan yang luar biasa tentang bagaimana memperoleh hidup yang dipulihkan. Sekelompok orang yang menamakan dirinya Oxford Group mendapati bahwa pemulihan dari kecanduan alkohol dapat terjadi ketika seseorang mengalami kebangkitan rohani dan bersama-sama dengan orang lain mempraktekkan prinsip-prinsip pemulihan yang kemudian dirumuskan oleh Alcoholics Anonymous (AA) menjadi 12 langkah. Prinsip-prinsip pemulihan ini kemudian diadaptasi untuk masalah-masalah kecanduan lainnya, seperti narkotika, seks, pornografi, homoseksualitas, atau yang lainnya Muncul kemudian Celebrate Recovery, sebuah kelompok pemulihan Kristen, mengemukakan delapan prinsip pemulihan alkitabiah berdasarkan Khotbah Di Bukit (Matius 5) yang paralel dengan 12 langkah AA.
Apa itu Celebrate Recovery?
Celebrate Recovery (Rayakan Pemulihan) adalah sebuah program pemulihan bagi pria dan wanita yang sedang bergumul dengan masalah kecanduan. Program ini juga dapat membantu mereka yang bergumul dengan masalah-masalah lain seperti  mudah marah, tidak bisa melakukan aktifitas, depresi ringan, dll. Selain itu, program ini juga dapat membantu orang-orang  yang memiliki hubungan dengan mereka yang sedang mengalami masalah-masalah seperti di atas (mis. suami atau istri, dll).                
Siapa yang memimpinnya?
Program ini tidak dipimpin secara profesional , dalam pengertian orang yang memimpin sebuah CR melakukannya bukan sebagai pekerjaannya, melainkan karena ia, sebagai seorang yang juga dalam proses pemulihan, telah mengecap suatu pemulihan dari Tuhan dalam menggumuli masalahnya melalui program CR, sehingga telah memiliki pengalaman untuk membantu orang lain mengikuti langkah-langkah dan prinsip-prinsip pemulihan. Ia bertugas untuk membantu menciptakan suasana pemulihan dalam setiap pertemuan, yaitu menciptakan rasa saling percaya dan kesungguh-sungguhan, supaya mereka yang berpartisipasi di dalam pertemuan itu dapat benar-benar merasakan jamahan kasih Tuhan Yesus di dalam kehidupan mereka.
Apa yang dapat diharapkan dalam pertemuan CR?

Pertemuan CR dapat membantu mereka yang berpartisipasi di dalamnya untuk semakin mengenal diri sendiri, memahami pergumulan dan pemulihan yang dialami oleh orang lain, dan bagaimana bertumbuh dalam kasih dan anugerah Tuhan.
Pertemuan CR merupakan tempat yang aman di mana seorang dapat membagikan pergumulannya tanpa merasa kuatir akan dihakimi oleh orang lain. Dalam pertemuan CR seseorang mendapat  kesempatan untuk membagikan pengalaman, kekuatan, dan kerinduan kepada orang lain yang juga sedang berada dalam proses pemulihan yang berpusat pada Kristus ini.
Lampu merah dalam pertemuan CR
Akan tetapi CR bukan merupakan tempat untuk memperbaiki orang lain atau diperbaiki oleh orang lain. CR bukan tempat untuk tampil tak bercela atau untuk menghakimi orang lain. CR bukan merupakan tempat untuk memperoleh kesembuhan instan. CR juga tidak menawarkan tempat permanen bagi yang berpartisipasi, apalagi sebagai tempat untuk mencari pacar!
CR bukan tempat untuk kegiatan psikoterapi – orang-orang yang memfasilitasi pertemuan CR bukan konselor. Akan tetapi, mereka dapat memberikan arahan jika mereka tahu atau mengenal konselor yang bisa membantu.
Maksud /tujuan pertemuan CR
CR mendasarkan kedelapan prinsip pemulihannya pada Khotbah di Bukit (Matius 5) dan menggunakan pendekatan 12 langkah pemulihan Alcoholic Anonymous (AA). CR adalah sebuah program pemulihan yang berpusat pada Kristus yang didesain untuk menyediakan suatu lingkungan yang aman dan mendukung bagi mereka yang ingin memperoleh pemulihan dari luka-luka masa lalu, kebiasaan-kebiasaan negatif, sehingga mereka dapat menemukan dan menikmati  kebebasan dalam Kristus.
Cari tahu apakah ada pertemuan CR di lingkungan Anda. Jika belum, Anda barangkali dapat menginisiasi sebuah Kelompok Pemulihan. Bagaimana membentuk sebuah kelompok Kelompok Pemulihan?
Diadaptasi dari Manhattan Church of Christ's CR Brochure. Untuk keterangan yang lebih lengkap tentang Celebrate Recovery® silahkan lihat di http://www.celebraterecovery.com/

No comments:

Material di blog ini dapat digunakan dan dibagikan tanpa izin dari blog author sepanjang penggunaannya adalah untuk pelayanan dan tidak mengenakan pungutan biaya apapun.

Popular Posts

Doa Ketentraman Jiwa

Ya Tuhan, karuniakanlah kepadaku
ketentraman jiwa untuk menerima
hal-hal yang tidak dapat aku ubah;
keberanian untuk mengubah
hal-hal yang dapat aku ubah;
dan hikmat untuk membedakan keduanya.
Hidup sehari demi sehari.
Menikmati satu waktu di setiap saat.
Melihat sengsara sebagai jalan pada kedamaian;
sama seperti Dia,
menerima dunia yang berdosa ini
dengan apa adanya, dan percaya
bahwa Ia akan membuat
segala sesuatunya indah
jika aku berserah pada kehendakNya;
supaya aku dapat sedikit berbahagia

dalam hidup ini
dan berlimpah bahagia
ketika aku bersamaNya selama-lamanya.
Amin.