Alcoholic Anonymous

Bagaimana mengatasi kecanduan alkohol?

Program 12 Langkah mulanya merupakan program yang ditujukan untuk menolong orang-orang yang bergumul dengan kecanduan alkohol, biasanya di sebut Alcoholics Anonymous karena mereka yang berpartisipasi di dalam program ini mempertahankan kerahasiaan identitas mereka, kemudian hari program ini diterapkan untuk membantu mereka yang menghadapi masalah kecanduan Narkotika, perjudian, seks, dll.

Semua program 12 langkah mengikuti pola serupa, di mana para anggota bertemu secara teratur untuk membahas pengalaman mereka, kekuatan, dan harapan yang mereka miliki. Salah satu pandangan umum adalah bahwa semua anggota berhadapan dengan suatu penyakit dan kecanduan dan bukan kebiasaan buruk atau gaya hidup miskin. Idenya adalah bahwa pemulihan akan terjadi dengan mengambil tanggung jawab individu untuk pemulihan sendiri dan bergantung pada kehendak Yang Maha Kuasa ketika mengikuti kedua belas langkah tersebut.

Salah satu yang paling dikenal luas bagian dari 12 langkah kelompok adalah persyaratan bahwa para peserta program mengakui bahwa mereka memiliki masalah. Para peserta program ini berbagi pengalaman mereka, tantangan, keberhasilan, dan kegagalan yang mereka alami di dalam pertemuan kelompok. Lewat program ini para peserta diharapkan untuk saling mendukung satu dengan yang lain. Banyak orang yang telah bergabung dengan kelompok-kelompok ini mengungkapkan keberhasilan mereka, bahwa mereka menemukan sesuatu yang tidak mereka temukan sebelumnya.

12 langkah-langkah sebagaimana dimaksud oleh Alcoholics Anonymous adalah:

1. Kami mengakui kami tak berdaya terhadap alkohol dan bahwa hidup kami telah menjadi tidak dapat diatur.

2. Kami datang untuk percaya bahwa kekuatan yang lebih besar dari diri kita sendiri dapat mengembalikan kami kepada kewarasan.

3. Kami telah membuat keputusan untuk mengubah kehendak dan kehidupan kami ke dalam pemeliharaan Allah sebagaimana kami memahami Allah.

4. Kami membuat dan mencari tanpa takut inventarisasi moral bagi diri kami sendiri.

5. Kami telah mengakui Allah, kepada diri kami sendiri, dan kepada orang lain hakikat dari kesalahan kami.

6. Kami sepenuhnya siap untuk menerima Allah menghapus semua kerusakan karakter ini dari kami.

7. Kami dengan rendah hati memintaNya untuk menyingkirkan kelemahan kami.

8. Kami membuat daftar semua orang telah kami rugikan dan bersedia menebus kesalahan kami kepada mereka semua.

9. Sedapat mungkin, kami memohon maaf langsung kepada orang-orang yang telah kami rugikan tersebut, kecuali bila melakukannya akan melukai mereka atau orang lain.

10. Kami terus mengambil inventarisasi pribadi dan ketika kami melakukan kesalahan, kami segera mengakuinya.

11. Melalui doa dan meditasi, kami berusaha untuk meningkatkan hubungan secara sadar antara kami dengan Allah, sebagaimana kami memahami Allah, berdoa hanya untuk pengetahuan akan kehendak-Nya bagi kami dan kekuatan untuk melakukan hal itu.

12. Setelah mengalami kebangkitan rohani sebagai hasil dari langkah-langkah ini, kami membawa pesan ini kepada para pecandu lain dan menerapkan prinsip-prinsip ini dalam semua urusan kami.

Anggota program 12 langkah ini juga membuat beberapa janji kepada diri sendiri dan orang lain. Janji-janji ini adalah:


Jika kita sungguh-sungguh berupaya dengan keras dalam fase perkembangan kita ini, maka kita akan terkagum-kagum sebelum kita sampai pada pertengahannya. Kita akan tahu kebebasan baru dan kebahagiaan baru. Kita tidak akan menyesali masa lalu dan melainkan menerimanya apa adanya. Kita akan memahami kata "ketenangan" dan kita akan mengetahui perdamaian. Tidak peduli seberapa jauh kita telah jatuh, kita akan melihat bagaimana pengalaman kita dapat membantu orang lain. Perasaan tidak berguna dan mengasihani diri sendiri akan hilang. Kita akan kehilangan minat pada hal-hal yang bersifat egois dan menjadi peduli kepada sesama manusia. Mementingkan diri sendiri akan menyelinap pergi. Seluruh sikap dan pandangan hidup kita akan berubah. Takut pada orang dan ketidakamanan ekonomi akan meninggalkan kita. Kita dengan sendirinya akan tahu bagaimana menangani situasi yang biasanya membingungkan kita. Kita akan dengan segera menyadari bahwa Tuhan sedang melakukan bagi kita apa yang tidak bisa kita lakukan untuk diri kita sendiri.


AA dan kelompok-kelompok serupa lainnya bukan merupakan kelompok keagamaan. Itulah digunakan kalimat "Allah, sebagaimana kita memahami-Nya." Penggunaan yang lebih umum adalah Yang Mahakuasa. Tujuan dari program 12 langkah adalah menjauhkan pecandu dari perilaku mereka yang merusak dan membantu mereka menjadi bersih dan sadar. Ini adalah program kerohanian, namun bukan program keagamaan.

Banyak orang mengkhawatirkan tentang muncul di depan orang asing dan membagikan informasi mereka yang paling pribadi. Namun perlu diingat bahwa program 12 langkah adalah program anonim. Hanya nama pertama Anda yang Anda sebutkan. Jika Anda tinggal di sebuah kota kecil, Anda mungkin khawatir bahwa orang akan mengenali anda, namun perlu diingat juga bahwa orang-orang lain yang berada di sana mempunyai alasan yang sama Anda, dan mereka juga ingin tetap anonim seperti yang lainnya. Anda mungkin akan terkejut dengan persahabatan yang akan Anda temukan saat Anda bersama orang-orang yang mempunya pengalaman yang sama dengan Anda. Salah satu kemungkinan penyebab Anda menjadi kecanduan alkohol adalah karena rendahnya harga diri. Anda perlu mengatasi masalah yang berhubungan dengan cara pandang terhadap diri sendiri di awal pemulihan Anda.

Diadaptasi dari:
http://www.id.articlesphere.com/Article/The-Twelve-Steps-Program-By-Alcoholics-Anonymous/175868

No comments:

Material di blog ini dapat digunakan dan dibagikan tanpa izin dari blog author sepanjang penggunaannya adalah untuk pelayanan dan tidak mengenakan pungutan biaya apapun.

Popular Posts

Doa Ketentraman Jiwa

Ya Tuhan, karuniakanlah kepadaku
ketentraman jiwa untuk menerima
hal-hal yang tidak dapat aku ubah;
keberanian untuk mengubah
hal-hal yang dapat aku ubah;
dan hikmat untuk membedakan keduanya.
Hidup sehari demi sehari.
Menikmati satu waktu di setiap saat.
Melihat sengsara sebagai jalan pada kedamaian;
sama seperti Dia,
menerima dunia yang berdosa ini
dengan apa adanya, dan percaya
bahwa Ia akan membuat
segala sesuatunya indah
jika aku berserah pada kehendakNya;
supaya aku dapat sedikit berbahagia

dalam hidup ini
dan berlimpah bahagia
ketika aku bersamaNya selama-lamanya.
Amin.