Pemulihan Bagi Yang Mengalami Depresi

Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang dapat mempengaruhi pola makan, tidur, perasaan, mood, pemikiran, dsb. Depresi berbeda dari sekedar perasaan tak nyaman sesaat, dan bukan disebabkan oleh kelemahan kepribadian. Depresi tidak dapat diatasi dengan kehendak hati atau pikiran. Jika dibiarkan dapat berlangsung berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun. Pengobatan dengan antidepresan dan psikoterapi dapat membantu mengatasi gangguan kesehatan mental ini, namun yang tak kalah penting adalah pemulihan jiwa.

Gejala depresi:
• Perasaan sedih, kuatir, ‘kosong’ yang berkelanjutan
• Merasa tak punya harapan, psimis
• Perasaan bersalah, tak berguna, tak berdaya
• Tidak tertarik lagi/tak dapat menikmati kesenangan dalam melakukan hobi atau kegiatan lainnya yang disukai
• Merasa kurang bertenaga, pening, menjadi ‘lambat’
• Sulit berkonsentrasi, mengingat sesuatu, atau mengambil keputusan
• Tidak dapat tidur, terjaga di waktu pagi buta, atau bangun kesiangan
• Selera makan hilang dan/atau berat badan turutn, atau makan berlebihan dan/atau berat badan naik
• Memikirkan tentang kematian atau bunuh diri; percobaan bunuh diri
• Tidak tenang, mudah marah
• Masalah kesehatan fisik yang tak kunjung sembuh sekalipun telah diobati, seperti sakit kepala, gangguan pencernaan, rasa sakit yang kronis.

Depresi perlu dipahami secara tepat supaya tidak menyebabkan efek negatif yang lebih jauh.

Depresi tidak mengenal kaya atau miskin, perempuan atau laki-laki, tua atau muda, tidak juga SARA (suku, agama, ras). 340 juta orang di dunia menderita depresi, dan jumlah ini terus meningkat. Satu dari empat perempuan mengalami depresi dan satu dari sepuluh laki-laki menderita depresi.

Penyebab depresi berbeda-beda. Secara umum dapat dipengaruhi oleh dua hal, faktor internal dan faktor external. Faktor internal misalnya genetic, tidak seimbangannya unsur kimia tubuh, pengaruh hormon, penyakit (seperti strok, darah tinggi, kanker, Parkinson). Perubahan fisik juga dapat mempengaruhi munculnya depresi. Orang yang rendah diri dan selalu psimis lebih mudah mengalami depresi, hal ini biasanya melibatkan dendam, amarah, sakit hati akibat perlakuan/pelecehan di masa lalu (unresolved problem). Factor eksternal misalnya: kematian/kehilangan orang yang dikasihi, hubungan yang bermasalah, masalah keuangan, dsb.

Wanita seringkali mengalami depresi akibat pengaruh hormon, misalnya perubahan jadwal menstruasi, kehamilan, keguguran, pasca melahirkan, pre-menopause, dan menopause. Wanita juga mengalami situasi yang unik dengan tanggung jawab di rumah dan di tempat pekerjaan, mengasuh anak-anak atau mengurus orang tua. Wanita terlebih khususnya rentan depresi pada waktu setelah melahirkan. Depresi ringan dapat diatasi dengan dengan bantuan perawat kesehatan dan dukungan emosional dari keluarga dan teman-teman, namun jika depresi menjadi akut maka perlu segera dilakukan intervensi.

Pria yang menyadari bahwa ia mengalami depresi, biasanya menolak pergi ke dokter untuk mendapat perawatan. Pria cenderung menyembunyikan depresi dengan mengkonsumsi minuman keras, atau bekerja sampai melewati batas. Pada pria, lebih daripada putus harapan atau merasa tak berdaya, kebanyakan yang muncul adalah sifat lekas marah, menjadi pemarah, atau putus asa. Pria perlu mendapat bantuan untuk memahami bahwa bantuan professional atau program kesehatan mental dapat membantu mereka memahami depresi sebagai gangguan kesehatan mental yang membutuhkan pengobatan.

Kebanyakan orang ketika menghadapi depresi, menjadi sangat sensitive dan tertutup. Semua perasaan hatinya dibawa masuk ke dalam ruangan yang pintunya telah tertutup. Semakin banyak hal yang masuk, maka mereka semakin tenggelam bersama seisi ruangan itu atau meledak bersamanya.

Jikalau Anda merasa bahwa Anda saat ini sedang menghadapi depresi, yang pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyerahkan diri Anda sepenuhnya ke dalam kasih sayang dan pemeliharaan Allah.

Berdoalah demikian:

Ya, Tuhan, Allah, Engkau memperhatikan aku, sekalipun di saat aku merasa aku sendirian. Aku menyerahkan hidupku ke dalam tanganMu, karena aku percaya akan kasihMu yang telah Engkau curahkan lewat Yesus Kristus yang telah mati untuk menebus dosa-dosaku. Tolonglah aku pada saat ini, supaya aku jangan terbenam dalam keputusasaan atau hangus dalam amarah, melainkan dengan hikmatMu aku menerima damai sejahtera yang berasal dari padaMu. Amin.
Ketika Anda membawa diri Anda dalam doa, Anda membuka campur tangan Allah di dalam masalah apapun yang sedang Anda alami.

Mintalah juga keberanian dari Tuhan Allah supaya Anda mampu menanyakan kepada diri Anda sendiri penyebab dari situasi yang sedang Anda alami saat ini dan kekuatan serta hikmat untuk memperoleh jawaban terhadap pertanyaan itu.

Jikalah Anda menemukan sesuatu yang ingin Anda sampaikan kepada Allah, janganlah sungkan atau segan menyampaikan kepada Allah yang tahu apa yang Anda rasakan sebelum Anda mengatakan apa-apa. Ia ingin mendengar apa yang berada di dalam hati, pikiran atau di tubuh Anda. Jangan menyembunyikan apa-apa. Segala kelemahan dan ketidak berdayaan, ketakutan dan kekuatiran, dosa dan rasa malu, atau amarah, dendam dan sakit hati. Apapun yang sedang melingkupi hidup Anda, bawalah kepada Tuhan dan serahkan semuanya kepadaNya (lih. Ibr 4:15).

Ketika Anda datang sungguh-sungguh mencari Tuhan di tengah-tengah masalah Anda, Anda akan terkejut melihat bahwa Anda menerima apa yang Anda butuhkan untuk menghadapi masalah itu.

Jikalau masalah depresi Anda disebabkan oleh faktor ketidak seimbangan kimia tubuh, maka sama seperti flu, Anda perlu obat untuk membantu Anda dalam proses pemulihan Anda. Mintalah nasihat dokter atau professional.

Temuilah seseorang yang Anda percayai untuk dapat membantu menjalani proses pemulihan Anda. Seorang yang tidak akan menghakimi Anda, melainkan dengan sukacita mendukung dan mendoakan Anda. Jalanilah setiap hari dengan penuh ungkapan syukur. Hiduplah dekat dengan Tuhan, carilah wajahNya setiap hari. Mohonkanlah kekuatanNya senantiasa dan jangan mengandalkan kekuatan sendiri. Tunjukkanlah belas kasihan kepada orang lain yang sedang menghadapi masalah yang sama, dan bantulah mereka memperoleh apa yang telah Anda temukan di dalam Yesus Kristus Tuhan.

3 comments:

Unknown said...

Saya mohon dukungan doa saya depresi berat akibat membagun rumah kost yg sala konstruksi nya habis itu saya menikah hanya 3 bulan diceraikan oleh istri gara gara depresi akhirnya saya diruman saja meratap tagis siang dan malam . Oh yesus tolong lah saya amin

Yenni Siti Siregar said...

Tuhan Yesus setia. Buat Samuel, tetap kuat dan taruh pengharapan mu pada-Nya. Ingatkah kisah Ayub? Tuhan sanggup memulihkan keadaan Ayub demikian juga dengan keadaan mu. Tuhan Yesus memberkati..Give thanks.

Nian pardomuan said...

Mohon doa dr saudara/ri Krn sy mengalami kecemasan yg berlebihan dan ketakutan dlm menjalani pekerjaan sehari-hari. Tdk tau sebab mulanya dan sulit mengurainya. Sy selalu berdoa kpd Tuhan Yesus tp belum ada jln keluar dan pemulihan yg dr Tuhan. Sy jg berdoa kpd saudara/ri yg turut berdoa agar doa kita didengar Tuhan. TYM.

Material di blog ini dapat digunakan dan dibagikan tanpa izin dari blog author sepanjang penggunaannya adalah untuk pelayanan dan tidak mengenakan pungutan biaya apapun.

Popular Posts

Doa Ketentraman Jiwa

Ya Tuhan, karuniakanlah kepadaku
ketentraman jiwa untuk menerima
hal-hal yang tidak dapat aku ubah;
keberanian untuk mengubah
hal-hal yang dapat aku ubah;
dan hikmat untuk membedakan keduanya.
Hidup sehari demi sehari.
Menikmati satu waktu di setiap saat.
Melihat sengsara sebagai jalan pada kedamaian;
sama seperti Dia,
menerima dunia yang berdosa ini
dengan apa adanya, dan percaya
bahwa Ia akan membuat
segala sesuatunya indah
jika aku berserah pada kehendakNya;
supaya aku dapat sedikit berbahagia

dalam hidup ini
dan berlimpah bahagia
ketika aku bersamaNya selama-lamanya.
Amin.